Berpetualang ke Negeri Sakura – 4 "Amazing Study Experiences in Japan"

 Berikut ini adalah rangkuman kegiatan akademik kami 
di Program TWINCLE Universitas Chiba Jepang 
(5 - 30 Oktober 2015)

Pada minggu pertama, yaitu hari Rabu (7/10) dan Kamis (8/10), saya mengunjungi fakultas Holticulture di Matsudo. Di kampus ini saya magang selama dua hari di Lab Arsitektur Lanskap, berkenalan dan saling sharing dengan beberapa mahasiswa Indonesia (Pak Mack dan Sigit) dan mahasiswa Jepang (Yui san,Takako san dan Hayato san). Selain itu saya juga bertemu dengan Furuya Sensei, Beliau dengan senang hati membantu referensi dan memberikan saran tentang penelitian tesis saya.

Kampus Matsudo
Presentasi penelitian di ruang Furuya Sensei,
banyak pernak pernik dari Indonesia di ruangan beliau^^



Hari Jumat (9/10) saya dan teman - teman dipandu oleh Baba Sensei berkunjung ke Museum Tokyo Edo, kami belajar banyak tentang sejarah Jepang di Masa Edo: lanskap, budaya, arsitektur dll.

Kunjungan ke Museum Tokyo Edo
Maket raksasa lanskap Edo
Rumah tradisional orang Jepang jaman Edo
Hari Sabtu (10/10) ada Konferensi TWINCLE dan di hari Senin (12/10) ada Forum ESD. Konferensi ini adalah Konferensi TWINCLE yang pertama. Sebelum berangkat ke Jepang, kami diwajibkan untuk mengirimkan abstrak poster yang nantinya akan dipresentasikan di Konferensi. Saya, Fibri, Agus dan Atno masing – masing mencoba memasukkan abstrak, Alhamdulillah ke-empat empatnya diterima^^.
Saya mengangkat penelitian kecil bersama Cete (Siti Novianti Lufilah) tentang pentingnya lanskap pusaka view Gunung Salak bagi tata kota Bogor. Penelitian ini urung dipresentasikan di ajang Kongres IFLA Asia Pasifik Lombok September lalu karena tidak ada dana untuk berangkat T-T. Ternyata Allah merencanakan sesuatu yang tak kalah indah, walau tidak jadi ke Lombok, penelitian kita dipresentasikan di Jepang Cete !!!!!!

Usai Presentasi Poster di TWINCLE Conference
Sedangkan Forum ESD adalah forum brainstorming dimana pihak Jepang mempresentasikan sektor – sektor penting yang mendukung pembangunan berkelanjutan di Jepang kepada kami, peserta ASEAN. Pihak yang mempresentasikan antara lain sebuah bank yang menjelaskan tentang program CSR mereka, sebuah perusahaan yang bergerak di sektor pertanian, sebuah perusahaan yang bergerak di industri desain, dan yang terahkir adalah sebuah perusahaan yang bergerak di jasa transportasi bus Jepang.
Sehabis Forum ESD
Pada minggu kedua, kami memiliki beberapa jadwal mengunjungi sekolah di Jepang. Kami masing – masing diberi kesempatan untuk memilih jenjang pendidikan yang ingin dikunjungi, mulai dari TK, SD dan sekolah menengah. Oya selain itu saya juga berkesempatan mengunjungi pusat kajian IDE JETRO di Tokyo. Bangunan ini memiliki koleksi buku dari seluruh dunia !

Interior Perpustakaan IDE JETRO,
memiliki koleksi buku dari berbagai negara dan bahasa

Menelusuri sebagian koleksi tentang Indonesia^^
Disela – sela jadwal kunjungan, kami bersama – sama dengan mahasiswa jepang yang juga ikut dalam program TWINCLE, melakukan workshop selama 3 kali. Workshop ini bertujuan untuk mematangkan bahan materi yang akan dipresentasikan mahasiswa Jepang ketika mengunjungi Indonesia Februari tahun depan. Disinilah kedekatan kami satu kelompok tim IPB (Indonesia-Jepang) mulai terbangun, karena kami salingsharing, memberi masukan, dan membuat janji hang out bersama, ehehe^^

Suasana workshop dengan mahasiswa Jepang
Bergabung dengan tim workshop DNA,
uji coba praktikum ekstraksi DNA di ruangan Nomura Sensei 
can you see my name among the tubes? ^^
Pada minggu kedua ini pula, teman – teman yang mengikuti Trial Course (Univ. UGM, Udayana, Thailand, Vietnam dan Kamboja)  harus pulang setelah presentasi akhir. Hanya kami dari IPB yang masih 2 minggu lagi di Jepang untuk menyelesaikan Program Short Course. Take care ya teman – teman, sampai jumpa lagi di lain kesempatan :)

Berfoto dengan Prof. Jasophat dan mahasiswa UGM di CERES
Farewell dengan teman - teman dari Thailand, tetangga sebelah dormi ^^

Science Experiment Week (19 - 30 Oktober 2015)

Minggu ke-tiga dan ke-empat kami masuk ke dalam minggu praktikum sains, dimana kami secara privat akan melakukan beberapa percobaan ilmiah bersama para sensei yang mumpuni di bidang mereka, wah senangnya^^

Secara lengkap kegiatan kami di laboratorium antara lain : Praktikum kromosom dan jamur bersama Prof. Yamato, Praktikum resonansi logam dan elektron bersama Prof. Kato, Praktikum Ozon sebagai Water Purifying bersama Prof. Yamano, Praktikum kimia redoks bersama Prof. Hayashi, Praktikum Ekstraksi Protein ikan bersama Prof. Nomura dan Praktikum ekstraksi DNA serta PCR bersama Prof. Tsuji, kereeeeen kan^^. Apalagi kami diijinkan pakai alat – alat lab dan teknologi canggih mereka, betapa sumringah ketika pertama kali menuang nitrogen cair untuk menghaluskan daun dan perasaan deg – degan yang muncul ketika memegang alat, meneteskan bahan kimia dan mengestrak DNA, maklumlah ketiga dari kami bukan dari jurusan sains hehehe…

Deg - degan selama praktikum, alhamdulillah lancar XD
Berfoto bersama Prof. Tsuji setelah praktikum PCR
Selain di laboratorium, kami juga mengunjungi Rumah sakit milik Universitas Chiba. Selain kagum dengan menejemen rumah sakitnya, kami juga takjub ketika bertemu Sim-kun (robot yang didesain mirip dengan manusia bahkan punya denyut nadi, sebagai alat praktikum mahasiswa dan petugas kesehatan), selain itu ada beberapa robot lain : robot ibu yang sedang melahirkan, robot simulasi injeksi dll . Hmm..berarti tv serial2 yang dokter itu kayaknya juga pake robot kali ya ketika adegan operasi :|

Rumah Sakit Akademik Universitas Chiba, seperti hotel ^^
Cepat sembuh ya Sim-Kun XD
Pada minggu praktikum ini kami juga mengunjungi sebuah sekolah menengah di Funabashi, selain presentasi poster, kami juga mengajak mereka bermain angklung, dan mereka mengajak kami mengikuti upacara minum teh (jadi kebayang peristiwa kesemutan karena duduk lama diatas tatami hahaha^^). Tak lupa juga kami sempat mengikuti latihan presentasi 2 siswa sekolah menengah yang akan mengikuti lomba sains di Osaka, dan mereka menaang lho jadi juara walau bukan menempati peringkat pertama! At least kami jadi tahu di Jepang, siswa sekolah menengah telah terbiasa memiliki proyek sains. Sugoii!

Upacara Minum Teh, salah satu ekskul siswa sekolah Shibaura Kashiwa
Berfoto bersama siswa menengah Shibaura Kashiwa
Berfoto dengan siswa yang juara lomba Sains,
 mereka bela - belain mengunjungi kami ketika sedang praktikum, Arigatou ^^
Yah, inilah secara garis besar kegiatan akademik selama Program TWINCLE di Univ. Chiba. Yokatta, setelah minggu praktikum selesai kami pun diberi sertifikat kelulusan^^ Arigatou Gozaimasu!!!



*next : posting rangkuman acara hang out dan having fun di sela - sela kegiatan TWINCLE, so...don't miss it ok ;P

Komentar

Postingan Populer