Semangat Tugas Akhir

Andai tidak ada doa, semangat dan agenda jalan - jalan, mungkin tugas akhir ini akan terasa berat sekali 

Alhamdulillah, bulan april ini adalah bulan oase. Bulan yang membuat saya semangat kembali mengerjakan tugas akhir yang tertunda. Setelah saya ingat - ingat banyak kegiatan di tahun lalu yang mengalihkan konsentrasi saya. Selain karena subtansi tugas akhir saya yang memang tidak mudah sehingga harus bekerja ekstra keras untuk mengerjakannya (penelitian sejarah di kota perantauan), tahun lalu memang tahun hectic bagi saya.

Dimulai dari keinginan presentasi plus jalan - jalan ke Lombok, mengharuskan saya melakukan penelitian kecil dan penyusunan paper tentang Gunung Salak bersama partner traveling saya.Tak lama kemudian ada persiapan keberangkatan program TWINCLE ke Jepang serta laporan ke ditmawa dan pasacasarjana IPB yang harus dibuat setelah kembali ke Indonesia. Adalagi tragedi jatuhnya laptop yang menyebabkan hampir 90% data penelitian saya raib sehingga mengharuskan saya mengulang mengambil data lagi di lapang. Diakhir tahun saya malah nekat mengambil 1 proyek taman rumah akkhhh XO.....Semua itu berhasil membuat saya melupakan beban tesis sejenak...tapi dilubuk hati saya paling dalam, saya ingin lulus segera.Ya Allah aamiin.

Kembali ke topik awal^^, saya bersyukur sebenarnya saya mengambil tema penelitian yang menyentuh tiga bidang yang saya sukai: sejarah, arsitektur dan alam. Selain itu penelitian ini memang mengharuskan saya banyak jalan - jalan hehe..Disatu sisi menghabiskan hari - hari untuk observasi lapang terkadang terasa berat (pleghmatis saya lagi kumat), namun mengingat isi pesan handphone saya kini mulai banyak berisi reminder yang menanyakan: "Kapan lulus?"XD Saya sekarang harus fokus supaya tidak mengecewakan banyak orang yang selama ini telah mendukung studi saya : orang tua, keluarga besar, pembimbing tesis dan teman - teman yang baik2 dan keren2 di Arsitektur Lanskap.

Peralatan "perang" survey lapang : Sepatu kets, tote bag kesayangan, tumbler air, kuesioner dan kamera handphone ^^


Tidak lupa souvenir stiker buat tanda terimakasih kepada yang rela menyempatkan waktu dan pikiran mengisi kuesioner saya (hatur nuhun....terimakasih banyak)





Rute peneltian yang paling sering dilewati??? Ini dia...

1) Jl. sudirman (karena paling dekat dengan rumah^^) - Jl. A.Yani - Taman Heulang - Hutan Kota A.Yani lalu balik pulang 


Pohon Ki Hujan di dekat GOR PAJAJARAN,
 selalu mengingatkan saya kapan pulang ke Malang... 


2) atau istirahat ke...Taman kencana...


Jalan- jalan keliling permukiman tua rancangan arsitek Thomas Kasten sampai ke Plasa Jambu Dua lalu pulang, atau di lain hari...



3) Melewati Plasa Tugu Kujang untuk istirahat dan sholat ke...



Botani Square!!!!



Ngadem di Gramedia sambil cari tahu buku - buku baru...




4) Start dari Kebun Raya Bogor...

Menuju Istana Bogor..disebelah kiri adalah kompleks kuburan belanda

Kebun Raya tambah cakep ya sekarang^^ 
Astrid avenue


Lalu melanjutkan ke Kawasan China Town di Suryakencana...


Lanjut ke Kawasan Batu tulis...



 5)start dari Jl. Veteran - Jl. Semeru - Kota Paris - Jl. Merdeka (Mawar)



6) Start dari Mall BTM lanjut ke Empang...
View Empang dari BTM
Bendungan tua di Empang
Pulo Empang

Wah banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Kota Bogor ya klo benar - benar ingin dijelajahi..Semangat menyelesaikan tugas akhir buat saya!!!!

Komentar

  1. Assalamu'alaykum,Mbak Senja :)
    Salam kenal dari Arum, dari saudara se-Malang

    Mbak, boleh minta email atau akun FB untuk sedikit diminta kesaksiannya terkait salah satu postingan Mbak Senja di blog ? :D

    Matur nuwun, Mbak Senja ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam, sami - sami. Salam kenal juga Arum :D Nama saya Flourentina, bisa dikontak via email : flourentina@gmail.com

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer