Berpetualang ke Negeri Sakura - 2 "Japan Culture Class"


With Miko-san after class


Hari kedua Program TWINCLE adalah Japan Culture Class!!!Semua peserta hadir dengan sangat antusias. Ini pertama kalinya kami akhirnya bertemu Miko-San. Penghubung Peserta TWINCLE dengan Universitas Chiba.

Acara dibuka dengan pemilihan model. Model? Bukan, volunter tepatnya, yang akan memperagakan kimono untuk wanita dan hakama untuk laki - laki. Karena yang ingin mencoba pakaian tradisional jepang ini banyak, maka dilakukanlah suit ala Jepang : Jang Kem Po!!! (Suit Gunting - Batu - Kertas haha..)

Mahasiswa Udayana, IPB dan Kamboja berkesempatan memakai pakaian khas Jepang


Acara selanjutnya adalah mencoba menulis aksara Jepang. Ibu - ibu dari Jepang membantu kita di setiap baris bangku. Masing - masing peserta memilih menuliskan namanya dalam aksara Jepang. Karena nama saya aneh : Flourentina, maka dalam aksara jepang dituliskan Furorentina :D. Selain itu, karena nama saya berarti blossom (bermekaran) saya juga minta tolong diajari menulis kanji Hana (Bunga) hehe...

Hana^^
Sesi berikutnya adalah menyaksikan ibu - ibu tersebut meramu teh hijau. Kami pun memperhatikan tata caranya (sambil mengantri ingin minum teh sebenarnya^^). Pertama - tama kami disuguhi beberapa kue manis (sweets), setelah itu kami diberi semangkuk kecil teh hijau yang masih panas haha..sebelum diminum, mangkuk harus diputar dua kali ke arah depan kanan, setelah habis diminum diputar kembali ke arah kiri dua kali...ahhhh segar...oishiii...(sssttt..sebenarnya sih agak pahit rasanya tapi dalam hati aja ya^^).

Budaya membuat minuman teh hijau
Sebelum waktu berakhir ibu - ibu tersebut membagi bagi omiyage^^...buat kenang - kenangan. Oya karena kami minta izin berfoto bersama ibu - ibu tadi, kami malah dapat persyaratan harus menyanyi. Walhasil lagu lagu Tanah airku, Nyiur melambai, Ayo Mama (orang Jepang bisa lagu ini ternyata XD), kami bawakan dengan semangat dengan penuh perasaan ^^ (keinget Indonesia soalnya).Setelah acara selesai segera balik ke kamar dormitori untuk makan siang dan sholat karena satu jam kemudian kami harus berkumpul kembali untuk dipandu menuju Universitas Chiba di daerah NishiChiba.

Siang itu kami mendapatkan pengetahuan bagaimana mencapai kampus dari dormitori dengan berjalan kaki!!! Syukurlah karena kami masih terbawa suasana bahagia, jarak yang cukup jauh tersebut terasa menyenangkan^^. Setiba di kampus kami diperkenalkan dengan beberapa sensei yang akan membantu kami selama program ini. Mereka adalah Baba Sensei, Oshima Sensei, dan Sapto Sensei (Orang Indonesia lho^^), selain itu kami juga mendapat orientasi seputar kegiatan TWINCLE, buku panduan dan buku destinasi wisata di Chiba^^ (Mata ini langsung berbinar - binar menjelajahi peta dan gambar obyek wisatanya XD)

Harta karun hari ke-2^^





Komentar

Postingan Populer