Djaswadi House Story (2) : Asisten Kost baru dan Kesibukannya


Ada hal yang membuat saya merasa kehilangan, karena di awal tahun 2015, mbak - mbak tetua (maksudnya yang sudah ngekost bertahun - tahun di Djaswadi House) pindah. Merekalah yang paling sering bercerita lika - liku kondisi di sekitar Djaswadi House dan mengenal orang - orang di sekitar. Kangen buka puasa, tarawih, sholat ied dan lebaran bersama mereka :)

Biasanya ruang TV selalu ramai, ada mbak Ros, yang bekerja di Borobudur, tidak pernah absen menonton sinetron " Tukang Bubur ...". Dulu dapur kalau pagi juga selalu mengepul. Mbak Ros, Mbak Warni dan Mbak Alif jago2 kalau masak, kalau saya lewat kadang disuruh icip - icip hehe..Sekarang mereka sudah pindah, ada yang mutasi di tempat kerja baru, ada juga yang pulang ke kampung halaman. Jabatan asisten kost (bukan pemilik kost ya, cuma pengelola aja, dan juga bukan PRT catet...) berganti, siapa? Nanti pasti bisa disimpulkan sendiri setelah membaca posting ini :)

Home sweet home, mari make over :D

Liburan semester lalu saya isi dengan estafet bersih - bersih dari satu kamar ke kamar lain, satu ruangan ke ruangan yang lain. Setelah penghuni2 kost lama telah pergi, kamar - kamar kosong menunggu "dirapikan". Ruang tamu - ruang TV- dapur juga wajib bersih. Tak cukup sampai disitu... sepertinya harus sekalian make over ruang tamu dan ruang TV nih :D (seketika jiwa arsitek saya bangkit, hehe..) tujuannya biar gak bosen, biar terasa homy dan ringkes. Kalau rapi kan jadinya enak dilihat dan mudah dibersihkan :) Untung gen ibunda menurun kepada saya, gen yang mana? Gen suka bersih - bersih? Memang ada gen kayak gitu? Haha maksudnya habit. Benda - benda yang bisa di-reuse seperti bantal2 bekas dan lemari plastik tidak luput dijahit sana - jahit sini. Taraaa...!!!!

Ruang tamu "baru" dan bantal - bantal bekas yang sudah
disulap jadi cushions atau bantal sofa untuk ruang TV :D
Piket!Piket!Piket! 

Setelah subuh, ketika matahari sudah muncul dan menerangi bumi, jika tidak ada agenda keluar, acara piket pun dimulai!

Misi 1 : Teras
Sekarang diteras sudah ada sepasang kursi putih kalau ada tamu laki - laki. Beberapa pot tanaman berjejer supaya kelihatan asri dan homy. Bagian teras inilah tempat pertama disapu dan dipel. Setiap pagi tanaman - tanaman di teras wajib disiram, biar gak layu dan mati. Bogor kalo siang panas banget. Apalagi kalo hujan tidak turun.


Misi 2 : Ruang Publik
Ketika anak - anak kost sudah berhamburan di muka bumi untuk bekerja (Yes!) lantai bisa dengan leluasa dipel. Ruang publik di kost ini adalah ruang tamu, ruang TV, kamar mandi, dapur dan ruang jemur. Biasanya kamar mandi wajib dijaga kebersihan bagi yang memakai, tapi tetap aja kadang ada yang malas, buang sampah plastik bekas sampo/tisu sembarangan, toilet juga terkadang dibiarkan bernoda. Tidak ada jalan lain selain turun tangan, siapa tahu kalo lihat bersih jadi sungkan membuat kotor lagi. Semoga...

Pakai Green Water yuk!

Waktu hujan turun adalah saat yang berharga untuk menimbun air. Air ini nanti bisa dimafaatkan untuk menyiram tanaman dan mengepel lantai. Kalau simpanan air sudah mulai menipis, saya pasti harap - harap cemas. Walau air ledeng bisa digunakan, tapi kalau bisa berhemat jadinya asyik kan?Ya Allah turunkan hujan hari ini. Aamiin.... Di bagian pojok halaman samping ini terdapat dua bejana tanah liat yang saya fungsikan untuk menampung air hujan. Saya beri tanaman air Apu - Apu untuk menjaga kualitas air tetap bening dan bersih :) Oya tidak lupa diberi Abate supaya tidak ada jentik - jentik nyamuk  :D

Hujan itu berkah :)

Menata lanskap

Agak lebay sih pakai istilah lanskap, padahal cuma bersih - bersih halaman belakang, trus ngerapiin bata, cabut tanaman paku yang berhamburan, taruh deh di polybag trus dijejer rapi :D Jenis tanaman di halaman depan, samping dan belakang komposisinya hampir sama : Coleus, Paku, Adam Hawa hehe..cuma di teras koleksi pakunya lumayan banyak jenisnya :)

Taman mungil di halaman depan
Si manis kirkii di depan kamar saya :)


Dapur jadi adem...

Koleksi Paku - pakuan di Teras





Komentar

Postingan Populer