Negeri Kremlin dan Kubah Bawang

Saya masih bertanya - tanya sebenarnya asal bentuk kubah bawang itu dari mana...dari Persia, India, Rusia atau...?

Hurray!!!! Tulisan tangan saya sampai di Rusia :P

Kembali ke pertanyaan awal di atas, tentang kubah bawang. Ada bangunan berarsitektur unik di Rusia yang klo orang awam langsung bilang itu "masjid". Itu bukan masjid, itu gereja!

Cathedral of Announciation
Cathedral of St. Basil
Federasi Rusia atau disebut Rusia saja adalah negara terluas di Dunia. Negara ini beribukota di Moscow dan memakai alfabet Cyrillic daripada alfabet Latin (Alfabet yang terlihat terdiri dari konsonan aja^^). Bahasa Rusia merupakan salah satu dari 5 bahasa yang paling banyak diucapkan di dunia. Sejarah Rusia terbagi menjadi 3 yaitu masa kekaisaran (kerajaan) dengan gelar Tsar, kemudian menjadi Uni Soviet (dengan tokoh Stalin). Tahun 1991 Uni Soviet runtuh lalu Rusia menjadi negara yang dipimpin oleh presiden. Wilayah federasi ini benar - benar unik karena di dalam negara ini terdiri dari 83 negara bagian! Ada yang berbentuk republik, ada yang punya otonom, ada yang berbentuk wilayah menurut suku dan wilayah menurut sejarah.


Gereja yang memiliki kubah bawang tersebut terdapat di kompleks Kremlin, Moscow. Kremlin memiliki arti benteng di dalam kota. Situs sejarah yang tercatat sebagai salah satu warisan dunia UNESCO ini merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dunia.


Terlihat dua gereja berkubah bawang tadi disisi kiri dan di tengah
Benteng Kremlin dilihat dari sungai Moskow
Benteng Kremlin dibangun antara tahun 1485-1495 masehi, berada di sebelah Sungai Moskow. Benteng inilah yang melindungi wilayah Kremlin, dengan luas total 68 hektar. Komplek yang dahulu adalah tempat tinggal para Tsar, sekarang menjadi kantor resmi Presiden dari Federasi Rusia. Sisi timurnya menghadap ke Red Square atau Lapangan Merah. Merah menurut orang Rusia berarti "indah". Di dalamnya benteng ini terdapat 4 istana, 4 katedral, dan beberapa Kremlin Tower. Klo nonton film "Mission Impossible : Ghost Protocol" pasti bisa lihat bagaimana suasana di dalam Kremlin^^

 Keberadaan bangunan - bangunan kubah bawang di kompleks Kremlin dan wilayah Rusia lain ternyata tidak telepas dari sejarah masuknya Islam ke wilayah Rusia (Menyaksikan Geliat Islam di Rusia 3; 4; 5)

Jadi pertanyaan saya di awal sudah sedikit terjawab, kubah bawang bukan dari Rusia, lalu dari mana....?


Sumber data dan gambar :
http://www.beritainternet.com/2014/11/09/drone-diterbangkan-diatas-kremlin-secara-illegal-ini-hasilnya/
http://travel.detik.com/read/2012/02/20/103845/1846405/1025/3/mengintip-megahnya-benteng-kremlin-di-moskow-rusia#menu_stop
https://semestafakta.wordpress.com/2013/07/31/98-fakta-menarik-tentang-rusia/
http://id.wikipedia.org/wiki/Rusia

Komentar

Postingan Populer