Hai Totto-Chan!


Entah mengapa saat kemarin melihat rak buku di rumah Om dan Tante, jari ini mengambil sebuah buku berjudul Totto-Chan : Gadis Cilik di Jendela. Saya beruntung bisa membaca buku ini :D Wajib dibaca oleh orang tua, guru dan juga kita semua^^
Guru menganggap Totto-Chan anak nakal, benarkah? Ataukah ia hanyalah seorang anak biasa yang penuh dengan rasa ingin tahu?
Apa jadinya jika ibu mengatakan Totto-Chan dikeluarkan dari sekolah dan marah - marah atas kelakuannya? Ibu memutuskan tidak memberitahunya hingga umurnya mencapai 20 tahun.
Sekolah Tomoe, sekolah baru Totto-Chan adalah sekolah yang berbeda dengan sekolah pada umumnya terutama bagaimana kurikulum yang diajarkan kepada anak - anak. Kepala sekolah Mr. Kobayashi adalah seorang pendidik yang luar biasa, ia mengajarkan bagaimana anak- anak tumbuh dengan alami, memiliki karakter kuat, peduli sesama dan senantiasa bersyukur :D Apalagi menu makan siangnya yang unik : Sesuatu dari gunung dan sesuatu dari laut!
(Walau saya tidak setuju satu bab di dalamnya tentang aturan berenang bersama tanpa memakai apa - apa)

Satu lagi yang paling membuat saya jatuh cinta, ini adalah kisah nyata penulis Tetsuko Kuroyanagi (Panggilannya Totto-Chan) selama sekolah di Tomoe Gakuen. Sebuah SD di Tokyo yang didirikan oleh pendidik Sosaku Kobayashi selama Perang Dunia II. Tak heran jika sampai saat ini pendidikan anak di Jepang membuat takjub Dunia :) Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 dan menjadi bestseller di Jepang.Wow sudah tua bukunya dan sampai sekarang masih dibaca. Salut!

Komentar

Postingan Populer