안녕하세요!

Selamat datang September! Rindu..rindu..rindu saya ingin menulis lagi karena sudah absen 2 bulan lalu tidak update blog. Oya karena judul diatas berbau bahasa Korea, maka isi tulisan dibawah ini adalah curhatan saya selama belajar bahasa Negeri Gingseng^^ sijak(시작)!!!


Berjodoh kembali
Hmm..sebenarnya ada benang merah yang tersambung kembali ketika saya memutuskan belajar bahasa Korea tahun ini. Pertama, dulu ketika saya SMA, saya sempat mengikuti ekskul olahraga taekwondo, tapi setelah ujian ke sabuk kuning saya memutuskan tidak melanjutkan lagi hehehe...
Saat itulah sebenarnya saya mulai mengenal kata - kata asing: dobog(seragam), Junbi(bersiap), seougi(kuda - kuda), gerakan jireugi(pukulan), gerakan chagi (tendangan) dll, karena tidak aktif lagi ya sudah lupa^^

Kedua, drama Korea, ketika masuk S2 kemarin sering copy drama - drama yang ceritanya bagus. Waktu ini mulailah mengenal bahasa sehari - hari yang populer : Annyonghaseyo (hai), sarangheyo(cinta kamu), jinja?(sungguh?), joayo(baik/suka), Ottoke(Ya ampun/bagaiman ini)^^ dll

Ketiga, ketika kelompok mata kuliah PDL(Perencanaan dan Desain Lanskap) mencoba mengirim abstrak ke Symposium Arsitektur Lanskap ACLA di SNU Seoul tahun 2014. Abstrak kami diterima dan diundang presentasi ke korea XD Alhamdulillah walau saya belum bisa ikut, teman - teman setim sudah menginjakkan kaki disana, mengabadikan nama saya dalam foto dan membawakan oleh - oleh untuk saya, gomawo cingu XD Suatu saat nanti, jika ada kesempatan, saya juga ingin kesana. Pertama ingin jalan - jalan, kedua ingin ngobrol pake bahasa korea, ketiga lanjut studi kesana asyik juga kayaknya. Tapi kan belum bisa bahasa korea ya ^^"

Gomawo Cete^^
Lalu datanglah kesibukan mengerjakan tesis.....disela - sela ketika boring menulis itulah...taraaaa!!!! Saya mulai belajar bahasa Korea. Aneh kan cara melepaskan stress seperti ini ^^

www.shutterstock.com



Belajar Hangul
Bagi pemula seperti saya, melihat sederet aksara korea membuat saya cepat menyerah pada awalnya. Lalu saya mencari metode yang menyenangkan supaya bisa membaca aksara ini. Apa itu? Download aplikasi belajar hangul yang menggunakan game!!!! Diawal - awal menghafalkan huruf dan belajar membacanya memang terasa sulit, tapi jika sudah bisa membacanya, akan sangat - sangat - sangat berguna dalam belajar korea selanjutnya. Bahkan jadi kecanduan lho... Oleh karena itulah mengapa dalam buku - buku teks, belajar hangul selalu berada di bab awal sebelum belajar yang lain. Sama kasusnya seperti supaya fasih membaca surat dari Al-Quran harus bisa menguasai huruf hijaiyah bukan dengan mengandalkan tulisan romawinya. Melafalkan lagu korea dengan melihat aksara hangulnya cukup ampuh untuk melatih kefasihan kita membaca aksara ini.

Salah satu app belajar hangul di google store

Belajar kosa - kata dan susunan kalimat
Belajar korea ternyata menarik sekali karena beberapa sebab :

1. Susunan pola kalimatnya
Kita yang sudah familier dengan bahasa Indonesia dan Inggris yang memakai pola S-P-O (Subyek - predikat-obyek) bakal mengalami shock ketika belajar merangkai kalimat dalam bahasa Korea. Pola bahasa Korea seperti bahasa Jepang, menggunakan pola S-O-P (Subyek - Obyek - Predikat). Bahkan terkadang subyek tidak perlu disertakan.

Contoh kalimat singkat ini :
"Saya-makan-nasi", dalam bahasa korea susunannya menjadi : "Saya nasi makan", bahkan bisa juga hanya "nasi makan"^^ nah ini yang cuma 3 kata ya, coba kalau kalimat ini :"Saya dan teman saya nanti malam akan pergi ke pasar dekat stasiun untuk membeli sayur dan buah".
Na neun.....?????? Bagaimana urutannya ya, mana yang harus didulukan (keringetan ^^")
Berdasarkan pengalaman beberapa orang yang belajar bahasa Korea pemula, mereka akan membagi 1 kalimat panjang diatas menjadi 3 kalimat pendek : (1) Saya dan teman saya pergi ke pasar nanti malam (2) Kami akan membeli buah dan sayur (3) Pasarnya terletak dekat stasiun, begitu hehe ^^ berikut pola umum penyusunan kalimat dalam bahasa korea :
Sumber :  autodidacting.tumblr.com

2. Banyak kosa katanya merupakan serapan kata bahasa inggris, atau biasa disebut "Konglish" jadi kadang - kadang sangat membantu membaca kalimat bahasa korea. Contohnya : 
아이스 크림 (aise kerim/ice cream), 핸드 폰 (hendepon/hand phone), 미팅 (miting/meeting),인터넷 (intonet/internet) dll

3. Menghafalkan seabrek suffik/akhiran kata
Akhiran kata bisa menandakan pola waktu (tenses), kalimat pengandaian, perintah, tingkatan kesopanan (honorific) kepada siapa bahasa itu ditujukan dan lain - lain. Banyak bersabarlah intinya kalau belajar bahasa ini^^

4. Materi bahasa Korea melimpah di dunia maya, bahkan sebagian besar e-book diberikan secara gratis. Bagi yang ingin mengirit biaya belajar bahasa Korea, sebaiknya meluangkan waktu mendowload materi bahasa Korea di internet. Saya paling suka mengunjungi youtube, http://www.talktomeinkorean.com/ dan www.howtostudykorean.com. Oya di howstudykorean.com ini, materi sudah disusun berdasarkan level beginner - intermediate dan advance. Sangat membantu jika serius ingin mengambil tes TOPIK (Keahlian bahasa korea). Untuk mendownload mp3 bahasa korea bisa kunjungi http://www.talktomeinkorean.com/audio/

Catatan saya :
Ada banyak hal positif yang bisa saya ambil ketika belajar bahasa korea, karena membuka wawasan tentang beberapa hal :

1. Saya belajar bahwa bahasa merupakan langkah awal memperkenalkan, mengenali dan memajukan sebuah kebudayaan. Saya suka arsitektur bangunan mereka, pakaian tradisional mereka, budaya sopan santun mereka, dan keindahan alamnya. Dengan percaya dirinya orang korea (korea selatan) dengan bahasa nasional mereka, berhasil menebarkan demam hallyu ke dunia dengan drama dan K-pop nya. Menggunakan bahasa lokal ternyata tetap bisa menjadikan mereka negeri maju. Justru ketika mereka juga mulai menggunakan bahasa inggris, bahasa korea semakin terkenal di dunia. 

2. Korea selatan, negara yang ada kemiripan dengan Indonesia : Sama - sama pernah dijajah Jepang, hari kemerdekaan Korea hampir bersamaan dengan Indonesia yaitu 15 Agustus 1945, pernah menjadi negeri termiskin di dunia dan terlibat perang saudara ini, melejit menjadi negara maju lebih cepat daripada Indonesia. Dunia pun terkagum - kagum dengan fenomena ini. Kerja keras, politik ekonomi yang berinvestasi pada industri berat (terutama besi dalam membangun industri kapal, mobil dan elektronik), gotong royong, partisipasi dan kesabaran penduduknya adalah kata - kata kunci yang bisa saya ambil ketika menonton film dokumenter tentang korea selatan.

3. Dibalik gegap gempita kemajuan korea selatan dengan industri digital, elektronik dan entertainment, korea selatan juga memiliki sisi memilukan. Sistem pendidikan korea dirasa menekan siswa SMA supaya lulus dengan nilai baik. Dengan demikian mereka bisa mendapatkan pekerjaan atau kuliah di universitas bagus. Bahkan operasi plastik adalah hal umum yang dilakukan supaya mendapatkan pekerjaan. Belum lagi kasus bunuh diri yang tinggi di Korea Selatan yang didominasi oleh kaum tua karena alasan himpitan ekonomi dan beban keluarga. Coba tonton beberapa tayangan video ini :Academic Pressure Pushing S. Korean Students To Suicide dan People & Power - South Korea: Suicide nation

4. Di setiap penjuru bumi yang diciptakan Allah, ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita dapatkan XD. Bagi yang ingin belajar bahasa Korea, sekolah/kuliah/kerja di Korea Selatan, hwaiting!!! 

Ini lagu favorit yang pertama kali saya pakai untuk latihan hangul dan kata - kata sederhana. Dilihat dari akhiran katanya, lagu ini memakai tingkatan bahasa kesopanan yang tinggi atau bahasa formal.


I’m Loving You (사랑하고 있습니다)
Good Doctor OST oleh 2BIC 

그대만 보는 한 사람이 있습니다
(Geudaeman boneun han sarami isseumnida)
There is one person who only looks at you

그대만 아는 한 사람이 있습니다
(Geudaeman aneun han sarami isseumnida)
There is one person who only knows you

말로는 다 못해도 많이 부족해도
(Malloneun da mothaedo manhi bujokhaedo)
Even if I can’t say it all with words

그댈 사랑한 한 사람이 있습니다
(Geudael saranghan han sarami isseumnida)
There is one person who loves you


내가 그대를 사랑하고 있습니다
(Naega geudaereul saranghago isseumnida)
I am in love with you

내가 그대를 또 원하고 있습니다
(Naega gedaereul tto wonhago isseumnida)
I am wanting you.

눈물이 다 말라도 가슴이 다 닳아도
(Nunmurida mallado gaseumida dalhado)
Even if my tears dry, even if my heart wears out

내가 그댈 사랑하고 있습니다.
(Naega geudael saranghago isseumnida)
I am in love with you

그대에게 말로는 못다한 내 사랑
(Geudaeege malloneun motdahan nae sarang)
I can’t express my love to you with words

세상을 다해도 모자란 내 사랑입니다
(Sesangeul dahaedo mojaran nae sarangimnida)
Even if you add all of the world,it’s not enough

눈물이 다 말라도 가슴이 다 닳도록
(Nunmuri da mallado gaseumi da dalhdorok)
Till my tears dry, till my heart wears out

원하고 원한 사랑
(Wonhago wonhan sarang)
The love that I want and want 

그대 입니다
(Geudae imnida)
is you

왜 모르나요 안보이나요
(Wae moreunayo anboinayo)
Why don’t you know, can’t you see me?

내맘 안들리나요
(Nae mam andeullinayo)
Can’t you hear my heart?

언제쯤 날 안아줄까요 언제까지
(Oenje jjeum nal an ajulkkayo eonjekkaji)
When will you hug me?

내 맘을 모른척 하나요
(Nae mameul moreuncheok hanayo)
Until when will you not know my heart?

얼마나 더 울어야 얼마나 더 아파야
(Eolmana deo ureoya eolmana deo aphaya)
How much do I have to cry,how much do I have to hurt

사랑할 수 있나요.... 내가 그댈
(Saranghal su innayo...Naega geudael)
Until I can love you?

-end-

Komentar

Postingan Populer