Visit Bogor (2) Balaikota Bogor


Eksterior balaikota dan..."artis figuran" perbandingan skala bangunan :D
Lanjutan posting serial  tentang "Visit Bogor" kali ini saya akan mengajak jalan - jalan ke Balaikota Bogor. Gedung Balaikota Bogor terletak di Jl. Ir. H. Juanda No. 10 Kota Bogor. Lokasinya berseberangan dengan Istana Bogor. Gedung kolonial Belanda ini dibangun pada tahun 1868. Semula nama bangunan ini adalah Societeit, lalu setelah merdeka menjadi markas Korem Surya Kencana, dan baru sejak 1975 menjadi Gedung Balaikota Bogor. Gedung Balaikota saat ini telah mengalami renovasi dari bentuk awalnya.

Dulu dan sekarang, sumber : sepuluhtigasmansa
Pada Mei lalu kami pascasarjana Arsitektur Lanskap IPB melakukan workshop di Gedung Balaikota Bogor. Melalui momen itu pula saya punya kesempatan bisa melihat interior balaikota :) Di bagian teras gedung ada etalase kerajinan khas Bogor (bermacam - macam senjata Kujang dipajang) juga ada kursi kayu dan aquarium ikan yang bikin betah lama - lama duduk disana :) Masuk ke dalam lewat pintu yang tinggi! ada hall utama, akan kita jumpai deretan kursi cantik krem putih yang manis dipadukan dengan meja putihnya. Di sekeliling dinding hall utama ini terpajang beberapa pigura kutipan ayat - ayat Al - Quran dan Hadist. Kesannya ruangannya jadul dan anggun tapi ada unsur islaminya juga :) Berjalan terus ke barat  ada ruangan meeting yang interiornya modern, semacam ruangan presentasi panel, disinilah kami melakukan workshop.

Interior : hall utama, tempat menerima tamu - tamu
Interior : Ayat - ayat Al-Quran dan hadist
Up-up-up, hahaha...
Interior : Ruang Meeting, berada di sebelah barat hall utama, tempat workshop kami
Sepanjang bulan Juni, untuk memperingati ulang tahun Bogor, biasanya ada banyak acara digelar di halaman Balaikota, masyarakat umum diundang datang beramai - ramai  menyaksikan pameran dan pertunjukan Budaya. Salah satu contohnya seperti berikut ini :

Panggung seni dan budaya
Aneka kreasi seni dari bahan daur ulang : kaca dan koran

Melukis botol bekas
Lukisan kaca
Lukisan dari limbah sterofom
Batik khas Bogor : Motif Teratai, Talas, Kujang, Hujan
Kujang dan bermacam - macam bentuknya
Seni tradisional bogor : angklung, wayang golek, kujang

Komentar

Postingan Populer