Berkunjung ke Kota Malang (1) - Keberangkatan


view dari kereta :)
Tercatat sudah satu tahun lebih saya belum pulang ke tanah kelahiran, waktu yang terlama dalam Guinness Book of Record dalam hidup saya, haha :D. Akhirnya tgl 20 September kemarin Allah mengabulkan doa saya sehingga bisa pulang ke Malang :) Malang here I come back!

Persiapan

1) Hal pertama yang telah fix adalah tiket dulu, alhamdulillah dapat tiket Matarmaja (MAlang-bliTAR-MAdiun-JAkarta) yang murah meriah Rp 65.000 lewat online di agen resmi PT.KAI. Kereta ini paling cocok buat tipe - tipe backpacker seperti saya, hehe...untuk mendapatkannya harus jauh - jauh hari karena jenis kereta ini cepat sekali penuh (maklumlah favorit kaum ekonomis) saya booking 2 minggu sebelumnya.

Tiket Matarmaja
2) H-1 keberangkatan, bersih - bersih kamar sekaligus packing apa aja yang harus dibawa. ChekList udah okey. Kerja bakti sehari bolehlah :) Browsing tentang Matarmaja (Penumpang Newbie gitu ceritanya) dan juga cara tayammum dan sholat di kereta.

3) Hari H (pagi hari) acaranya pamit ke orang - orang di rumah Eyang Buyut, 'my best Friends' dan keluarga minta doa keselamatan :) sekalian nitip taman buat disiram. Gak asyik kan klo balik ke Bogor taneman di halaman banyak yang terlantar dan mati.


Menjelajah Stasiun

Untuk mencapai Stasiun Senen, perlu timing yang antisipatif  supaya tidak terlambat, mengingat hari itu hari Sabtu, konon selalu 'full of people in the commuter line' dan jaga - jaga klo ada keterlambatan kereta. Dari stasiun Bogor, menunggu kereta KRL jurusan Tanah Abang-Jatinegara dari jam 10, stasiun kosong dari keberadaan KRL. Petugas ternyata mengumumkan keterlambatan kereta, hingga jam 10.30 petugas akhirnya mengumumkan akan datang kereta jurusan T.Abang-JTN tapi tidak sampai jatinegara,hanya akan sampai Kampung Bandan (Jakut). Daripada menunggu lagi, maka saya naik KRL ini. Toh nanti masih bisa transit lagi di Kampung Bandan.

Di dalam kereta penuh sesak karena penumpukan penumpang akibat keterlambatan kereta. Saya (rela sedikit terpaksa...hehe) berdiri dari stasiun Bogor sampai Stasiun Tanah Abang, barulah setelah itu bisa menikmati kursi yang empuk itu..puuhhh ya begitulah.Beruntung perjalanan menuju Stasiun Kampung Bandan melewati kawasan kota Tua, kita bahkan bisa melihat Jembatan Kota Intan dari Jendela KRL :)

Stasiun Kampung Bandan yang masih hijau, Sejuk Segar :)


Stasiun Jatinegara, panas dan gersang, tak terlihat Pot - pot tanamannya :(


Sampai di kampung Bandan jam 12 lebih, masih menunggu sampai jam 1 lebih baru terlihat ada kereta ke Jatinegara. Sampai di Jatinegara beli tiket lagi ke Stasiun Pasar Senen. Sampai di Pasar Senen jam 2 lebih dikit ( Alhamdulillah....) sholat dan istirahat dulu sampai jam setengah 3 lalu menuju pintu masuk peron Matarmaja.Tak terduga waktu keluar menuju check out kartu tiket ketemu teman S2 saya "si Iki", satu bimbingan dosen pula dengan saya. Iki mau ke Cirebon, jadwal keretanya masih nanti jam stengah 6 sore, ckckck...wah ruar biasa...




Naik kereta api...siapa mau ikut...

Setelah pemeriksaan tiket dan KTP, barulah boleh masuk ke dalam peron. Kereta Matarmaja udah menunggu dengan manis di jalur 1. Cek tiket gerbong 3 tempat duduk 18C.Dan eng-ing-eng inilah kereta matarmaja yang akan membawa saya ke  Malang. Fasilitas : Ruangan ber-AC, tempat charger HP di setiap blok tempat duduk (yang berhadap - hadapan) plus tempat tatakan minum dan kaitan untuk mengaitkan barang - barang, Toilet (hiyyy...perlu selalu dan selalu disiram karbol ),nice-lah untuk tiket semurah itu :) konon ini kereta para hikers Gunung Bromo dan Semeru, eh beneran yang bawa tas - tas gunung menjulang tinggi itu emang ternyata banyak. Dan saya beruntung "sekompleks" tempat duduk dengan ibu - ibu yang aduhai berjiwa muda, sedang melakukan tour ke malang dan mencoba kereta ekonomi ini. Salut deh, kereta berangkat tepat pukul 15.15 seperti tertera di tiket :) Sebuah takdir sebentar lagi akan terkuak, apa itu...terus lanjut baca ya..

Bismillahi tawaqaltu allallahi..wa la haula wala quwwata illa billah...berangkat!

Interior kereta Matarmaja :)





Komentar

Postingan Populer